Selasa, 17 Juli 2018

Ilmu Komunikasi di UMM


Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiah Malang 



Kenapa masuk jurusan Komunikasi?
Kalo Komunikasi kerjanya nanti jadi apa?
Kira- kira itu beberapa pertanyaan yang sering ditayakan seseorang kepada kita yang mengikuti program studi ilmu Komunikasi.


Sebenarnya alasan saya mengikuti program studi ini bukan karena pekerjaannya, tapi ilmu yang akan saya dapatkan dalam mengikuti program studi ini. Saya ingin lebih bisa dan lebih berani saat didepan publik ataupun orang-orang yang ada di lingkungan sekitar. Lebih baik dalam bertutur kata dan segala macam yang berhubungan dengan program studi ini. Toh, hampir sebagian orang mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai mata kuliah yang di ambil kok.

Profil Ilmu Komunikasi di UMM

Program Studi Ilmu Komunikasi adalah program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang. Prodi ini didirikan sejak 28 Juli 1986. Prodi ini memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations, Jurnalistik dan Studi Media, serta Komunikasi Audio Visual. Secara periodik reformasi kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang komunikasi. Proses belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.
Guna meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa, Prodi Ilmu Komunikasi menyediakan fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi lab ruang produksi, siaran TV, studio recording, mini teather, ruang simulasi PR, stasiun radio, studio fotografi, komputer multimedia dan desain grafis. Selain sudah terakreditasi A dari BAN-PT sejak 2013, Prodi Ilmu Komunikasi UMM juga berhasil memperoleh gelar sebagai Indonesia Best Schools of Communications and Management versi Majalah Mix selama tiga tahun berturut-turut (2013-2014-2015) . Penghargaan ini didasarkan hasil survei sepanjang tahun terhadap kampus di Indonesia yang memiliki Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A.   
Sedangkan untuk meningkatkan standing academic mahasiswa, terdapat beberapa kegiatan komplementer, seperti seminar, kuliah tamu, workshop/training, studi banding, student exchange dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen. Kegiatan mahasiswa sangatlah dinamis, di Prodi Ilmu Komunikasi ada sejumlah komunitas yang dibentuk oleh mahasiswa diantaranya adalah  Eskalator (komunitas Creative PR) dan PR Club (komunitas peminat kajian public relations),  Ruang Gerak AV Club (peminat kajian film dan sinematografi), Speak Up Community (komunitas penggiat Bahasa Asing), Journalistic Club, dan Komunikasi Cinta Riset (Kociris).
Kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi sering meraih prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter “Eagle Awards Metro TV”, fotografi baik tingkat regional, nasional dan internasional. Dosen dan mahasiswa juga aktif menulis beberapa karya buku. Alumni Prodi Ilmu Komunikasi banyak terserap di sejumlah institusi media massa terkemuka tak terkecuali media cetak, stasiun TV, radio, media online, konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainnya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SENGKALING KULINER UMM

SEKUL Taman Rekreasi Sengkaling terletak di  Jl. Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar10...