Ilmu
Komunikasi Universitas Muhammadiah Malang
Kenapa
masuk jurusan Komunikasi?
Kalo
Komunikasi kerjanya nanti jadi apa?
Kira-
kira itu beberapa pertanyaan yang sering ditayakan seseorang kepada kita yang
mengikuti program studi ilmu Komunikasi.
Sebenarnya
alasan saya mengikuti program studi ini bukan karena pekerjaannya, tapi ilmu
yang akan saya dapatkan dalam mengikuti program studi ini. Saya ingin lebih
bisa dan lebih berani saat didepan publik ataupun orang-orang yang ada di
lingkungan sekitar. Lebih baik dalam bertutur kata dan segala macam yang
berhubungan dengan program studi ini. Toh, hampir sebagian orang mendapatkan pekerjaan
yang tidak sesuai mata kuliah yang di ambil kok.
Profil Ilmu Komunikasi di UMM
Program Studi Ilmu Komunikasi adalah program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang. Prodi ini didirikan sejak 28 Juli 1986. Prodi ini memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations, Jurnalistik dan Studi Media, serta Komunikasi Audio Visual. Secara periodik reformasi kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang komunikasi. Proses belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.
Guna
meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa, Prodi Ilmu Komunikasi
menyediakan fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi lab
ruang produksi, siaran TV, studio recording,
mini teather,
ruang simulasi PR, stasiun radio, studio fotografi, komputer multimedia dan
desain grafis. Selain sudah terakreditasi A dari BAN-PT sejak 2013, Prodi Ilmu
Komunikasi UMM juga berhasil memperoleh gelar sebagai Indonesia Best Schools of
Communications and Management versi Majalah Mix selama tiga tahun
berturut-turut (2013-2014-2015) . Penghargaan ini didasarkan hasil survei
sepanjang tahun terhadap kampus di Indonesia yang memiliki Sekolah Komunikasi
dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A.
Sedangkan
untuk meningkatkan standing
academic mahasiswa, terdapat beberapa kegiatan komplementer,
seperti seminar, kuliah tamu, workshop/training,
studi banding, student
exchange dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen. Kegiatan
mahasiswa sangatlah dinamis, di Prodi Ilmu Komunikasi ada sejumlah komunitas
yang dibentuk oleh mahasiswa diantaranya adalah Eskalator (komunitas
Creative PR) dan PR Club (komunitas peminat kajian public relations),
Ruang Gerak AV Club (peminat kajian film dan sinematografi), Speak Up Community
(komunitas penggiat Bahasa Asing), Journalistic Club, dan Komunikasi Cinta
Riset (Kociris).
Kegiatan
kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi sering meraih
prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter “Eagle Awards
Metro TV”, fotografi baik tingkat regional, nasional dan internasional. Dosen
dan mahasiswa juga aktif menulis beberapa karya buku. Alumni Prodi Ilmu
Komunikasi banyak terserap di sejumlah institusi media massa terkemuka tak
terkecuali media cetak, stasiun TV, radio, media online, konsultan PR, dan
institusi pemerintah dan swasta lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar