Selasa, 17 Juli 2018

Sudan Berdebu

Hai Hai!! Gimana kabarnya, pasti baik-baik aja kan ;) 

 kali ini aku bakalan ngenalin daerah asalku yang bernama asli Sungai Danau, tapi sering di sebut Sudan Berdebu. Yahhh.... udah pasti, dijuliki seperti itu karena debunya yang gak bakalan hilang meski udah kena hujan badai seminggu penuh. Back to topic, Sungai Danau adalah salah satu desa di wilayah Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kalo di suruh nyebutin hal-hal yang menjadi ciri khas Sungai Danau, Tambang Batu Bara dan Sawit lah jawabannya...oh, dan tak lupa pantai dengan pasir yang sebagian sudah berwarna hitam karena tambang batu bara yang sudah merajalela dimana-mana.

jembatan pasar bawah

Kantor Kepala Desa Sungai Danau

Gambar-gambar yang di atas itu adalah salah satu tempat yang yang gampang atau sering di jumpai di daerah sungai danau.

pantai satui

Ini adalah salah satu pantai yang ada di Sungai Danau. Pasirnya gak secantik dan seputih pasir di pantai lainnya kan? seperti yang saya sebutkan sebelumnya, banyaknya pertambangan batubara yang menyebabkan paris di pantai Sungai Danau tidah terlalu putih... tapi tenang, tetap cantik apa adanya kok ;P


perkebunan sawit satui


Sawit juga salah satu ciri khasnya Sungai Danau, sebagian warga yang ada di daerah Sungai Danau memiliki perkebunan Sawit sebagai penghasilan tambahan.



salah satu pertambangan batu bara yang ada di Sungai Danau

Nahhh...., kalo ini benar-benar sudah menjadi ikonnya Sungai Danau. hampir semua warga yang berada di daerah Sungai Danau berprofesi sebagai pegawai tambang. Bahkan banyaknya jumlah penduduk Sungai Danau dikarenakan pendatang-pendatang yang bekerja sebagai pegawai batu bara. 

Sayangnya pemilik dari perusahaan baru bara ini berasal dari luar negri, otomatis kita hanya mendapatkan sedikit keuntungan dari pertambangan tersebut. Tapi, dengan adanya pertambangan Batu Bara ini, bisa memperbesar lapangan pekerjaan  bagi penduduk yang mengenyam pendidikan rendah, termasuk ayah saya.. :v


Sepertinya cuma itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai wilayah Sungai Danau yang saya cintai. mungkin... setelah anda membaca blog ini, anda akan berpikiran jelek tentang daerah tempat saya dibesarkan ini. Tapi... Sungai Danau tidak sejelek itu kok, masih banyak hal hal yang menarik dari daerah ini. Saya hanya menceritakan ciri khas dan apa saja yang terkenal dari Desa ini, percayalah...... :)


dari pada kepanjangan sepertinya sampai sini dulu  pembahasan kita kali ini, saya mohon maaf jika ada kesalahan penggunaan kata ataupun typo-typo yang bertebaran di mana-mana.

Terima kasih , dan
Wassalamualaikum Wr. Wb.











Referensi :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Danau,_Satui,_Tanah_Bumbu
  • https://www.instagram.com/p/BlLYr47gJgM/?utm_source=ig_web_copy_link 
  • https://www.instagram.com/p/BlUBzOeHrep/?utm_source=ig_web_copy_link






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SENGKALING KULINER UMM

SEKUL Taman Rekreasi Sengkaling terletak di  Jl. Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar10...